Rencana Kerja Organisasi Perangkat Daerah (RENJA OPD) merupakan dokumen perencanaan tahunan yang dimulai penyusunannya dengan pendekatan perencanaan partisipatif melalui proses musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) bertingkat mulai dari 5 (lima) kelurahan sampai ke tingkat kecamatan.

Penyusunan renja dan perubahan renja bukanlah kegiatan yang berdiri sendiri, melainkan rangkaian kegiatan yang simultan dengan penyusunan RKPD, serta merupakan bagian dari rangkaian kegiatan penyusunan APBD.

Perubahan Renja  Perangkat Daerah Tahun 2020 dilakukan dengan pertimbangan sebagai berikut :

  1. Adanya pandemi covid-19 yang menimbulkan terbitnya Keputusan Gubernur DIY Nomor 65/KEP/2020 tentang Penetapan Status Tanggap darurat Bencana Corono Virus Disease 2019 (Covid-19) di DIY sehingga berdampak pada kegiatan dan rasionalisasi anggaran; dan
  2. Perlunya percepatan penanganan Covid-19 sebagaimana diamanatkan dalam Permendagri Nomor 20 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Covid-19 di Lingkungan Pemerintah Daerah sehingga mengakibatkan perlunya dilakukan refocusing anggaran dengan pergeseran kegiatan, perubahan lokasi dan pengahpusan kegiatan.

Untuk lebih lengkapnya dokumen Rencana Kerja Perubahan Kecamatan Gondokusuman tahun 2020 dapat di unduh di:

 download