PERSIAPAN PEMILU SERENTAK DAN PILKADA TAHUN 2024

Serangkaian kegiatan Pemilu Serentak dan Pilkada Tahun 2024 sudah dimulai, diawali dengan pendaftaran partai politik di SIPOL. Pemilu akan dilaksanakan pada bulan Februari sementara Pilkada pada bulan November. Sementara itu dari sisi data pemilih, Kemantren Gondokusuman dengan 42826 penduduk plus sejumlah kampus, pondokan, asrama dan pesantren menjadi wilayah dengan potensi pemilih tinggi. Dengan demikian, penyebaran informasi tentang tahapan dan tatacara pemilu sangat penting dilakukan.

Sosialisasi Pemilu Serentak dan Pilkada Tahun 2024 diselenggarakan Biro Tapem Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta di Kemantren Gondokusuman pada tanggal 8 Desember 2022, dengan peserta tokoh masyarakat termasuk LPMK, PKK, dan Lembaga masyarakat lain. Hadir sebagai narasumber adalah Mantri Pamong Praja Gondokusuman Guritno, AP., Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto, dan Ketua KPU Kota Yogyakarta Hidayat Widodo, SIP.

Menurut Mantri Pamong Praja Gondokusuman 138 TPS memfasilitasi para pemilih di Gondokusuman pada pemilu 2019. Dengan banyaknya perguruan tinggi, pondokan dan pesantren menjadikan potensi kerawanan tinggi. Namun suasana menjelang dan setelah penghitungan suara di tingkat kemangtren aman dan terkendali berkat kerja sama semua pihak penyelenggara pemilu termasuk warga masyarakat. Dengan adanya beberapa perubahan, penyebaran informasi tentang pemilu yang akan dating penting untuk disebarluaskan ke masyarakat untuk mendukung kelancaran serangkaian tahapan Pemilu Pilkada.

Ketua Komisi A DPRD DIY menjelaskan isu strategis yang diampu DPRD seperti pemutakhiran daftar pemilih, Pendidikan pemilih, pengendalian media digital, dan peran serta masyararkat. Berdasarkan data per Oktober 2022, 315379 penduduk telah melakukan rekaman KTPel atau 99.86% dari jumlah penduduk.  Data pemilih juga harus bersifat terbuka, dapat diakses masyarakat serta ada jaminian kerahasiaan dan keamanan data pribadi.

Ketua KPU Kota Yogyakarta menjelaskan bahwa minat masyarakat berperan serta sebagai penyelenggara pemilu khususnya di tingkat PPS PPK meningkat disbanding pemilu sebelumnya yang dilakuakan perpanjangan pendaftaran karena rendahnya pendaftar. Untuk Kemantren Gondokusuman sendiri, 15 orang mendaftar untuk mengisi 5 posisi PPK.  KPU Kota Yogyakarta menetapka rencana jadwal pembentukan panitia adhoc. Pembentukan PPK 20 November 2022 – 16 Desember 2023, PPS akhir desember 2022 – 12 Januari 2023. Masa kerja PPK 4 Januari 2023 – 1 April 2024, PPS 16 Januari 2023 – 1 April 2024.