Latihan Paguyuban Seni dalam Rangka Festival Kethoprak Tingkat Kota Yogyakarta

Rabu (6/7) - Dalam rangka mengikuti Festival Kethoprak Tingkat Kota Yogyakarta, Paguyuban Seni Kemantren Gondokusuman rutin menjalani latihan pada hari senin, rabu, dan jumat. Paguyuban Seni Kemantren Gondokusuman nantinya akan menampilkan kisah tragis antara Sulastri dan Baskoro di balik penaklukan Mataram terhadap Kadipaten Suroboyo, dengan judul "Pupus" yang ditulis oleh Agung Budi Prasetya. Semua pemain, kru panggung, pemain musik, hingga penulis naskah merupakan warga ber-KTP Gondokusuman. 

Proses awal latihan yang meliputi penentuan naskah, tokoh, serta latihan gerak hingga irama dilakukan di Pendopo Kemantren Gondokusuman. Saat para pemain sudah mulai menghafal dialog, mendalami karakter, serta menguasai gerak dan irama, latihan dilakukan bersamaan dengan tim karawitan di Fasilitas Umum "Guyub" Kelurahan Baciro.

Para pemain tampak semakin bersemangat menjelang waktu pentas. Sebelum pentas, para pemain akan melakukan gladi kotor pada hari Senin, 11 Juli 2022. Sementara lomba akan dilaksanakan pada hari Rabu,13 Juli 2022 di Taman Budaya Yogyakarta. Bersamaan dengan Kemantren Gondomanan, Kemantren Mantrijeron, dan Kemantren Ngampilan.