PELATIHAN ECOPRINT KEMANTREN GONDOKUSUMAN

Rabu (30/3) Kemantren Gondokusuman telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Ecoprint. Kegiatan Pelatihan Ecoprint tersebut dilaksanakan di Pendopo Kemantren Gondokusuman dan diikuti oleh 25 orang peserta yang berasal dari anggota Tim Penggerak PKK Kemantren Gondokusuman yang terdiri dari 5 kelurahan dan setiap TP PKK kelurahan mengirimkan wakilnya yang tentu saja belum pernah mengikuti pelatihan serupa.

Apakah itu pelatihan Ecoprint? Ecoprint berasal dari 2 kata, yaitu ‘eco’ yang diambil dari kata ekosistem berarti lingkungan hayati dan ‘print’ memiliki arti mencetak. Berdasakan asal kata tersebut maka ecoprint dapat diartikan teknik mencetak atau menciptakan produk yang memiliki unsur hayati. Adapun tujuan memberikan Pelatihan Ecoprint ini adalah memberikan wawasan dan pengetahuan lebih dalam lagi mengenai ecoprint dan meningkatkan ketrampilan bagi peserta dalam memanfaatkan potensi dari bahan alam atau tanaman yang ada di sekitar tempat tinggal kita. Dengan memberikan pelatihan tersebut diharapkan peserta mampu mempunyai keterampilan untuk meningkatkan pendapatannya dengan menggunakan bahan alam yang ada di sekitarnya.

Dipimpin oleh Bapak Muhammad Asman Noor selaku Kepala Jawatan Sosial Kemantren Gondokusuman dan ketua TP PKK Kemantren Gondokusuman yaitu Ibu Ary Widyasari kegiatan Pelatihan Ecoprint diikuti dengan antusias oleh 25 peserta dari pukul 09.00 WIB hingga selesai pukul 15.00 WIB. Dengan bimbingan langsung dari Bapak Bonifatius Tri Utomo dari Nostra Gallery acara berjalan dengan lancar, diawali dengan memberikan pengetahuan secara lisan lalu dilanjutkan dengan praktik membuat batik ecoprint. Setelah itu melakukan evaluasi dan tanya jawab seputar pengalaman membuat sendiri batik ecoprint.