Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-113 di Kemantren Gondokusuman

"Bangkit! Kita Bangsa Yang Tangguh."

Kamis, 20 Mei 2021,
Kemantren Gondokusuman Kota Yogyakarta mengikuti Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-113. Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini mengusung tema “ Bangkit! Kita Bangsa Yang Tangguh” yang memiliki arti menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong royong untuk mempercepat pulihnya bangsa dari pandemi Covid-19. Upacara berlangsung dengan lancar melalui daring dan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Kebangkitan Nasional adalah momen sejarah yang ditetapkan oleh Presiden Ir. Soekarno berdasarkan hari berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Semangat pergerakan Boedi Oetomo memelopori perjuangan dengan memanfaatkan kekuatan terutama melalui pendidikan. Melalui organisasi Boedi Oetomo, lahir banyak sumber daya manusia Indonesia yang terdidik, memiliki jiwa nasionalisme kebangsaan, serta memiliki cita-cita mulia untuk melepaskan diri dari belenggu keterbelakangan, kemunduran serta kemiskinan.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyampaikan 3 hal yang perlu diperkuat pertama, untuk menghindari dari penjajahan masa kini yaitu kemiskinan dan keterbelakangan dalam rangka mewujudkan cita-cita kemanusiaan, Kedua, memajukan nusa dan bangsa. Ketiga, mewujudkan kehidupan bangsa yang berdaulat dan bermartabat.

“Makna peringatan hari kebangkitan nasional hari ini dikaitkan dengan pandemi yang sudah berlangsung sejak tahun 2019 adalah ketangguhan kita dalam menghadapi virus Covid-19 dan dengan kesabaran dan disiplin dalam penegakkan protokol kesehatan yang ketat, “ungkap Heroe Poerwadi.
Selamat Hari Kebangkitan Nasional, warga kuat dan berdaya negara maju !